sejarah wordpress

Sejarah WordPress dan Perkembangannya Sebagai CMS Terbaik

Hadirnya WordPress memungkinkan orang untuk membuat website ataupun blog secara mudah dengan berbagai fitur menarik didalamnya.

WordPress saat ini menjadi Content Management System (CMS) terpopuler dengan dengan persentase market share sebesar 60 persen.

Tentang WordPress

WordPress adalah sebuah CMS open source yang saat ini paling banyak digunakan sebagai engine blog dan website.

WordPress dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL merupakan perangkat lunak open source.

WordPress merupakan penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.

Nama WordPress mulanya diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg.

WordPress saat ini sudah digunakan banyak situs web besar seperti Reuters, CNN, TechCrunch, dan masih banyak lagi.

Sejarah WordPress

WordPress pertama kali hadir pada 2003 buah dari kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little.

Selain karena menawarkan fitur dan tampilan yang menarik, salah satu kunci kepopuleran WordPress seperti sekarang ini adalah karena dukungan komunitas yang begitu besar.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress tersedia dalam dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • WordPress.com: Ditujukan untuk pengguna yang ingin membuat blog sendiri secara mudah dan cepat, namun dengan adanya sejumlah pembatasan.
  • WordPress.org: Cocok untuk pengguna yang ingin membuat website dan blog yang bisa dimodifikasi menjadi sedemikian rupa sesuai kebutuhan dan keinginan. Pilihan pada WordPress.org mengharuskan pengguna untuk menyiapkan layanan web hosting sendiri dan membeli nama domain.

Kelebihan WordPress

WordPress memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan WordPress diantaranya sebagai berikut:

  • Gratis. Anda bisa menggunakan CMS WordPress secara gratis. Untuk membuat website menggunakan CMS WordPress, Anda hanya perlu menyiapkan layanan web hosting dan nama domain.
  • Open Source. Pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri software WordPress sesuai keinginan.
  • Plugin Gratis. Dengan dukungan komunitas yang besar, pengguna WordPress dimanjakan dengan adanya ribuan plugin yang bisa digunakan secara bebas.
  • Theme Gratis. Terdapat ribuan theme yang bisa digunakan secara gratis. Pengguna bahkan bisa menginstall theme baru langsung dari dashboard WordPress.
  • Antarmuka Sederhana. WordPress memiliki user interface (atarmuka) yang simple. Untuk pengguna baru sekalipun, mereka tidak akan menemui kesulitan berarti.
  • Bebas Modifikasi. Jika Anda menggunakan WordPress self-hosted, Anda punya keleluasaan untuk memodifikasi website WordPress Anda menjadi sedemikian rupa.
  • Lebih SEO Friendly. Selain fitur dasar, pengguna WordPress juga bisa menggunakan plugin optimasi mesin pencari untuk membuat website mereka menjadi lebih SEO friendly.

WordPress terus mengalami berbagai perkembangan, dan jumlah penggunanya juga terus meningkat secara signifikan dari waktu ke waktu. Jika Anda ingin memiliki website yang powerful, Anda bisa mempertimbangkan WordPress sebagai basis website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *